Resep Opor Ayam kuning + Telur dan Bumbu opor Ayam yang spesial

Panduan lengkap tentang cara membuat resep opor ayam kuning spesial, telur, tahu juga daging jawa saat lebaran
Opor ayam by Indra Hajar On Flickr – used under a creative commons license

Resep opor ayam kuning adalah salah satu cara membuat masakan Indonesia dan banyak di cari orang. πŸ” πŸ₯˜

Tercatat Senin 6 Agustus 2018 oleh google untuk pencarian bumbu opor ayam sebanyak 10k – 100k tiap bulan. πŸ—“

Menjadi bukti jika opor ayam sangat di gemari masyarakat kita. Apa lagi saat Lebaran tiba. 🀝

Patut bangga kita kebetulan terlahir di Indonesia. Berbagai macam makanan tradisional tersedia di sini.

Opor ayam kuning biasa di sajikan dengan menggunakan kuah santan. Dengan warna kuning alaminya berasal dari kunyit. πŸ₯˜

Pas disantap dengan pedas sambal goreng, juga taburan bawang merah di atasnya. Begitu menggoda selera bagi siapa saja. 🀀

Ada 2 jenis opor yaitu warna putih dan kuning. Warna putih banyak di sukai oleh emak-emak golongan tionghoa babah.

Sedangkan warna kuning banyak di sukai oleh penduduk pribumi, karena terlihat cantik, tidak pucat. Hingga kini dari mana asal mula opor ini di temukan tidak tahu.

Cara membuat opor ayam itu mudah karena banyak paduan bertebaran di internet. Kami akan membagikan 11 resep opor ayam di bawah ini. πŸ‘

1. Resep Opor Ayam Kuning Enak Simple ala Indonesian Mommy

Nasiyuk.id - Panduan lengkap tentang cara membuat resep opor ayam kuning spesial, telur, tahu juga daging jawa saat lebaran

Opor ayam kuning sering kita jumpai di mana-mana, seperti di majalah, buku resep dan lainnya.

Dan pada saat lebaran tiba, ibu saya juga kalau masak itu biasanya opor jenis ini. Kenapa sih kok kebanyakan opor ini.

Menurut pendapat banyak orang dan saya pribadi sendiri jenis ini terlihat cantik di lihat. Jika di bandingkan dengan putih.

Boleh langsung tonton video resep OPOR AYAM KUNING SIMPLE milik Indonesian Mommy di sini. πŸ“Ή

Kalau opor ayam putih saya pribadi menilai memang terlihat lebih pucat di bandingkan dengan saudara sejenisnya.

Saya sendiri memilih kuning, sepertinya lebih menyehatkan. Karena terdapat kunyit. Tahukan ada jamu namanya kunir asem.

Okelah kalau begitu, kita mulai aja belajar nya sama-sama, yuk kita simak caranya di bawah ini. πŸ‘

Opor ayam bahan :

  1. Daging ayam πŸ“
  2. Santan secukupnya πŸ₯₯
  3. Bawang merah 8 buah
  4. Bawang putih 11 siung
  5. Kemiri 5 biji
  6. Ketumbar yang sudah di haluskan 1 sendok teh
  7. merica
  8. Jahe 2 cm
  9. Jinten 1/4 sendok teh
  10. Kunyit 5cm
  11. Minyak 1 sendok teh untuk menumis bumbu halus
  12. Lada 🍢
  13. Garlic powder (bubuk bawang putih, dari bawang putih segar yang dikeringkan)
  14. Garam 1/2 sendok makan
  15. Sereh 2 batang diambil putihnya
  16. Lengkuas 2 biji
  17. Daun salam 3 lembar
  18. Daun jeruk 4 lembar
  19. Sledri sebagai penghias

Membuat bumbu opor ayam danΒ cara membuat opor ayam :

  1. Uleg atau haluskan ketumbar
  2. Haluskan bumbu atau blender bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, jinten dan ketumbar
  3. Jika sudah halus tumis bumbu halusnya, lalu masukan juga batang sereh yang sudah di memarkan, lengkuas, 3 lembar daun salam, 4 lembar daun jeruk dan aduk-aduk sampai harum
  4. Setelah harum baru masukkan daging ayamnya, lalu aduk rata, sampai matang dan bumbunya meresap ke ayamnya, setelah itu baru di kasih air (air disini untuk menghindari supaya santannya tidak terlalu kental, ini juga tergantung selera sih), kemudian aduk sampai air mendidih.
  5. Setelah air mendidih baru kita masukkan santannya, kemudian aduk kembali πŸ₯₯
  6. Sering di aduk akan lebih baik dan masukkan garam secukupnya
  7. Masak lagi sekitar 1 jam boleh, 1 1/2 jam juga boleh, tergantung tingkat kelembekan ayam yang kalain pakai (tutup masakkan agar ayam lebih cepat empuk) ⏳
  8. Jika suda icip, jika kurang garam bisa ditambahkan sesuai selera
  9. Resep opor ayam terlaksanakan dan selamat menikmati πŸ₯˜ πŸ“

2. Resep Opor Telur Ayam dan Tahu buatan Mama Adeva

Panduan lengkap tentang cara membuat resep opor telur spesial, tahu juga daging jawa saat lebaran

Cara membuat masakan ini menambahkan telur dan tahu. Seperti Mama Adeva pemilik “Resep Masakan Ndeso Opor Telur Tahu yang Lezatt” di youtube. 🐣

Anda bisa langsung simak video milik Mama Adeva di sini

Bahan dan bumbu resep opor telur dengan gambarnya :

  1. Tahu putih 4 buah di potong 2
  2. Telur ayam rebus 5 butir 🐣🐣🐣🐣🐣
  3. Santan encer 1000 ml πŸ₯₯ πŸ’¦
  4. Bawang merah 5 buah
  5. Bawang putihΒ  2 siung
  6. Kemiri 2 buah
  7. Panduan lengkap tentang cara membuat bumbu opor ayam kuning spesial, telur, tahu juga daging jawa saat lebaran
  8. Kunyit secukupnya
  9. Jahe secukupnya
  10. Lengkuas
  11. Daun salam
  12. Sereh
  13. Daun jeruk 4 lembar
  14. Jinten secukupnya
  15. Ketumbar secukupnya
  16. Merica secukupnya 🍢
  17. Garam
  18. Gula pasir
  19. Kaldu ayam bubuk πŸ’¦ πŸ“
  20. Brambang goreng untuk taburan di atas masakannya

Cara membuat resep opor telur :

  • Uleg merica, jinten dan ketumbar sampai halus
  • Uleg sekalian bawang putih, bawang merah, jahe dan kunyit, masukkan juga garam secukupnya agar gampang untuk menghaluskannya
  • Setelah halus masukkan sereh dan lengkuas dengan di geprek sedikit
  • Tumis hasil bumbu hasil olahan di atas sampai layu, lalu masukkan juga daun salam dan daun jeruk
  • Setelah layu masukkan telur dan tahu, aduk rata secukupnya
  • Kemudian masukkan santan, sisa garam, kaldu ayam bubuk dan gula pasir lalu aduk2
  • Setelah mulai mendidih, lanjutkan memasaknya biar bumbunya meresap
  • Jika sudah masak coba di icip jika kurang garam bisa di tambah
  • Jika rasanya pas, matikan api dan resep opor telur sudah selesai ♨
  • Sajikan dan jangan lupa opor di taburi bawang merah goreng di atasnya πŸ₯˜

3. Resep dan Bumbu Opor Ayam Jawa Buatan Christina

Panduan cara membuat bumbu opor ayam jawa spesial

Apakah ini termasuk resep masakan jawa entahlah saya tidak tahu. Melihat dari berbagai sumber yang saya baca masakan ini terkenal di daerah jawa tengah dan jawa barat. β›°

Sejarah ayam kampung, dari sumber yang saya baca berasal dari keturunan ayam hutan merah (Gallus gallus). Pada masa kerajaan kutai ayam ini merupakan upeti wajib untuk kerajaan. πŸ“

Sehingga rakyat menernakan ayam kampung, dan keberadaannyapun masih lestari sampai sekarang. Bukan rahasia jika ayam ini memang lebih unggul dari segi rasa di banding ayam potong. πŸ”ͺπŸ—

Anda bisa lihat langsung video resep opor ayam jawa buatan Christina diRESEP OPOR AYAM JAWA

Bumbu opor ayam jawa :

  1. Ayam ukuran sedang 1 ekor yang sudah di potong-potong (untuk ayam bisa di ganti dengan ayam kampung) πŸ”ͺ πŸ“
  2. Bawang merah sedikit besar dari bawang putihnya sebanyak 10 siung
  3. Bawang putih 10 siung kecil
  4. Daun salam kering 4 lembar
  5. Ketumbar yang di haluskan1 sendok makan
  6. Bubuk kencur 1/4 sendok teh 🍢
  7. Kemiri sangrai 5 buah
  8. Daun jeruk purut 3 lembat πŸƒ πŸƒ πŸƒ
  9. Jintan yang sudah di haluskan1/2 sndok teh
  10. Kunyit 3 ruas
  11. Serai 1 batang di potong menjadi 2 🌱
  12. Lengkuas 1 ruas
  13. Santan kelapa 400 ml πŸ₯₯
  14. Air 400 ml πŸ’§
  15. Sisiran gula jawa / merah secukupnya
  16. Garam secukupnya

Cara buat bumbu dan memasak opor ayam jawa :

  • Blender bawang merah, bawang putih, ketumbar, bubuk kencur, kemiri sangrai, jintan yang telah di haluskan, kunyit dan kasih sedikit minyak goreng, lalu haluskan semua.
  • Tumis semua bumbu halus yang tadi sudah di blender, masukan daun jeruk purut, sereh dan daun salam, tumis hingga masak jika sudah masukkan air 400 ml.
  • Tunggu sebentar sampai mendidih, baru masukkan ayamnya. ⏳
  • Setelah ayamnya dimasukkan aduk hingga rata. lalu ungkep / tutup masakan sampai daging ayam mendekati matang dan empuk πŸ—
  • Setelah hampir matang dan air menjadi menyusut, maka tambah lagi air sebanyak 500 ml dan juga santennya sekalian ( agar kuah tidak terlalu kental ) πŸ’¦
  • Aduk masukan juga 1/2 sendok makan gula merah, garam secukupnya sesuai selera
  • Masak sampai medidih lagi, setelah mendidih icip rasanya, jika sudah pas biarkan masak lagi sampai matang dan kuahnya sedikit berkurang
  • Setelah matang dan kuahnya menyusut sekali matikan api πŸ”₯
  • Sekarang siap untuk dihidangkan dan dinikmati πŸ₯˜ πŸ˜‰

4. Resep Opor Ayam spesial Padang Lamak Bana dan sangat sederhana

Nasiyuk - Bumbu opor ayam dan bahan serta cara membuat memasak masakan untuk resep opor ayam spesial padang

Opor sangat cocok dimakan sama kupat atau lontong. Jadi ingat saat lebaran tiba ibu saya selalu membuat opor ayam dengan kupatnya. πŸŽ‡ πŸ•Œ

Lontong tidak hanya untuk sate ayam, untuk opor ayam juga sangat enak dan lezat. Dimakan dengan nasi hangat-hangat juga cocok kok. 🍚

Apalagi ditambah dengan sambal goreng pasti semakin menambah lezat dan bikin berkeringat kepala. Malah bikin sehat karena keringat menjadi keluar. πŸ˜…

Jangan lupa tambah juga dengan kerupuk udang, pasti cocok deh rasanya dan minumnya teh manis hangat. β˜•

Dalam cara membuat opor kali ini terlebih dahulu kita presto daging ayamnya. Presto adalah memasak dengan uap air yang bertekanan tinggi.

Kali ini kita akan belajar membuat resep opor ayam spesial padang. Di bawah ini sudah kami siapkan bahan dan bumbu apa saja yang akan di gunakan.

Bumbu opor ayam dan bahan :

  1. Ayam kampung 1 ekor πŸ“
  2. Bawang merah 5 siung
  3. Bawang putih 3 siung
  4. Kemiri 5 butir
  5. Daun salam 2 lembar πŸƒ
  6. Gula pasir 1 sendok teh
  7. Garam secukupnya
  8. Lengkuas sedikit saja
  9. Sereh 1 batang
  10. Santan kelapa πŸ₯₯
  11. Minyak sayur sedikit

Cara membuat opor ayam spesial Padang :

  • Presto ayam kampung selama 15 menit (jika menggunakan ayam broiler presto selama 20 menit) πŸ“ βŒ›
  • Uleg bumbu halusnya, yakni bawang merah, bawang putih dan kemiri.
  • Geprek serehnya.
  • Kemudian tumis bumbu halus dengan menggunakan minyak sayur sedikit saja selama 1/2 menit.
  • Jika sudah masukkan ayam yang sudah di presto, sereh, lengkuas dan daun salam. Kemudian bolak-balik selama 3 – 5 menit sampai tercampur meresap dengan bumbu. ⏳
  • Bumbui dengan garam, gula pasir, icip jika kurang pas bisa di tambah dengan bumbu lain tegantung selera
  • Jika sudah matang sajikan dengan taburan bawang merah dia atasnya.
  • Sekarang resep opor ayam spesial Padang lamak bana sudah selesai. Sangat cocok di santap dengan menggunakan lontong. πŸ‘

5. Resep Opor Ayam Lebaran enak buatan Sobat Dapur

Naiyuk - Bumbu opor ayam dan resep opor ayam lebaran enak juga spesial

Ramadhan tiba.. Ramadhaan tiba.., Marhaban Ya Ramadan.. Marhaban Ya Ramadhan. Sering kita mendengar lagu ini saat lebaran. πŸŽ‰

Dulu sehabis pulang dari sholat Ied langsung terbayang pasti ibu masak opor ayam dengan kupat. Saat saya tengok ke dapur memang benar opor ayam sudah tersedia. πŸ•Œ

Resep opor ayam lebaran ini biasanya di suguhkan bersama sambal goreng. Bagaimana dengan kebisaan masakan di keluarga Anda? sama juga kan.

Oke, langsung saja kami akan memberikan resep opor ayam khas lebaran untuk Anda. πŸŽ‰

Atau lihat videonya di Cara buat opor ayam spesial lebaran yang enak

Bumbu opor ayam dan bahan :

  1. Kemiri 5 butir
  2. Kunyit 2 ruas jari
  3. Bawang merah 10 siung
  4. Bawang putih 4 siung
  5. Ketumbar 1 sendok teh
  6. Nasiyuk - Bumbu opor ayam lebaran yang enak dan spesial
  7. Jinten 1/2 sendok teh
  8. Gula merah 1/4
  9. Daun salam 2 lembar
  10. Daun jeruk 2 lembar
  11. Sereh 2 batang 🌱
  12. Lengkuas 2 ruas
  13. Garam 3 sendok teh
  14. Kaldu bubuk 2 sendok teh
  15. Santan 750 ml πŸ₯₯

Cara membuat opor ayam dan mengolah bumbu :

  • Goreng bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit sampai layu. Ini untuk menghilangkan bau langu dan supaya rasa lebih sedap, karena getahnya hilang.
  • Uleg ketumbar dan jinten sampai halus.
  • Uleg bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit yang tadi sudah di goreng + di campur dengan hasil ulegan ketumbar dan jinten. (Haluskan secara besama).
  • Tambahkan lagi gula merah ke dalam hasil campuran di atas dan uleg lagi sampai merata.
  • Kemudian panaskan sedikit minyak dengan api kecil, lalu tumis bumbu di atas tadi sampai harum.
  • Jika sudah harum masukan daun salam, lengkuas, sereh yang sudah di geprek dan daging ayamnya juga. Kemudian goreng ini sebentar sampai bumbunya meresap.
  • Setelah semua bumbu meresap ke dalam ayam, kemudian masukkan santan, tunggu mendidih hingga ayam sampai matang.
  • Terakhir masukkan garam dan kaldu bubuk (royko), aduk sampai rata.
  • Icip, jika kurang enak bisa ditambah lagi bumbunya.
  • Sekarang resep opor ayam lebaran enak sudah selesai dan siap untuk di hidangkan. πŸŽ‰ πŸ•Œ πŸ₯˜

6. Resep Opor Ayam Panggang Khas Jepara – Rudy Choirudin

Nasiyuk - Resep opor ayam panggang spesial khas Jepara

Resep opor yang ini idenya dari kota Jepara. Berupa perpaduan antara ayam panggang dengan opor. Tidak hanya terkenal dengan ukiran kayu saja ternyata.

Tetapi ada resep opor yang unik dan sangat brilian. Memang di luar pikiran kita selama ini. Selaian itu jajanan khas Jepara lainnya adalah rondo royal dan horog-horog.

Resep ini adalah perpaduan ayam panggang dengan opor. Bayangkan lezatnya seperti apa masakan ini.

Resep kali ini di buat oleh chef Indonesia yang selama ini sudah lama wara-wiri di layar TV kita. Beliau adalah Rudy Choirudin. πŸ‘¨β€πŸ³

Baiklah langsung saja kita mulai resepnya. Atau bisa langsung tonton videonyadi sini.

Bumbu opor ayam dan Bahan :

  1. Ayam kampung pejantan 700 gram atau 1 ekor πŸ“
  2. Garam 1 sendok teh 🍢
  3. Desaku kunyit bubuk 1/2 sendok teh πŸ₯„
  4. Desaku ketumbar bubuk 1 sendok teh
  5. Minyak goreng 2 sendok makan
  6. Daun salam 2 lembar πŸ‚
  7. Daun jeruk 2 lembar πŸƒ
  8. Lengkuas 3 cm
  9. Jahe 3 cm
  10. Kemiri 2 butir
  11. Santan 750 ml πŸ₯₯
  12. Gula merah 1 sendok teh
  13. Gula pasir 1/2 sendok teh

Cara membuat opor ayam :

  1. Taruh potongan ayam ke dalam wadah, kemudian taburkan garam 1 sendok makan,Β  desaku kunyit bubuk 1/2 sendok teh, desaku ketumbar bubuk 1 sendok teh dan minyak goreng 2 sendok makan di atasnya lalu aduk dengan tangan hingga semua rata.
  2. Nasiyuk - Cara mengolah bumbu opor ayam panggang khas Jepara
  3. Lalu oven ayam dengan suhu 200 derajat celsius selama 30 menit. ⏳
  4. Masukkan bawang putih, bawang merah, potongan 3 cm lengkuas dan jahe, kemiri 2 butir, ketumbar bubuk 1 sendok teh, merica bubuk 1/2 sendok teh ke dalam ulegkan kemudian tumbuk sampai menjadi halus.
  5. Kemudian siapkan penggorengan dan tumis bumbu halusnya, tannakkan dengan memberi air 50 ml hingga redius
  6. Kemudian masukkan juga garam sebanyak 1 sendok teh di dalamnya.
  7. Masukkan ayam yang sudah di oven ke dalam tumisan, aduk-aduk hingga rata
  8. Kemudian masukkan santan 750 ml, gula merah 1 sendok teh, gula pasir 1/2 sendok teh lalu aduk hingga rata.
  9. Masukkan 2 lembar daun salam, daun jeruk 2 lembar πŸ‚ πŸƒ
  10. Masak selama 20 menit, hingga 1/4 dari santan menyusut
  11. Selesai dan masakan ini siap untuk di hidangkan πŸ‘Œ

7. Resep Opor Ayam Sederhana Tanpa Santan – Yuda Bustara

Nasiyuk - Membahas resep opor ayam sederhana tanpa kuah dengan fiber creme

Resep opor ayam sederhana tanpa santan buatan Yuda Bustara dari Koki TV. Menggunakan Fiber Creme dalam pembuatannya. πŸ₯₯ ❌

Fiber Creme adalah krimer yang memiliki serat tinggi. Biasa digunakan untuk pengganti susu dan santan. πŸ₯₯πŸ₯›

Langsung simak caranya di bawah ini atau bisa tonton video youtubeCreamy Opor Ayam Tanpa Santan

Bahan dan bumbu opor :

  1. Jinten 1 sendok teh
  2. Ketumbar 2 sendok teh πŸ₯„πŸ₯„
  3. Kemiri 4 buah yang sudah di goreng
  4. Bawang putih 4 siung
  5. Kunyit 2 cm yang sudah di goreng
  6. Bawang merah 12 butir
  7. Garam secukupnya
  8. Merica secukupnya
  9. Minyak goreng 2 sendok makan
  10. Daun salam 2 lembar πŸ‚
  11. Sereh 3 batang 🌱
  12. Jahe secukupnya
  13. Lengkuas secukupnya

Cara membuat bumbu opor ayam :

  • Panggang kemiri dan kunyit.
  • Siapkan ulegkan kemudian masukkan jinten, bawang merah, bawang putih, kemiri panggang, kunyit panggang, sedikit garam, sedikit merica dan 2 sendok minyak goreng, lalu uleg sampai halus.
  • Kemudian tumis bumbu halusnya sampai beraroma harum, kemudian kita keprek sereh, jahe dan Lengkuasnya, lalu kita masukkan ke dalamnya, tambahkan daun salam juga.
  • Kemudian kita tumis semuanya sampai harum dan bumbunya matang
  • Setelah matang dan harum kita masukkan ayam, air 750 ml dan 12 sendok makan fiber creme.
  • Didihkan kemudian biarkan sampai kuah asat dan mengental.
  • Jika sudah mengental sekarang Anda bisa menambahkan garam atau merica agar rasa lebih creme.
  • Icip rasanya, jika sudah pas matikan api dan kini resep opor ayam tanpa santan sudah selesai

8. Resep Opor Ayam Nanas khas Palembang

Nasiyuk.id - Cara membuat resep opor ayam nanas khas kota Palembang yang enak

Resep opor ini tidak seperti biasanya, karena akan menggunakan buah nanas sebagai salah satu bahannya. 🍍

Yang sering menerapkan resep opor ayam nanas adalah kota Palembang. Rasanyapun menjadi unik, ada rasa gurih, manis, asin dan asem.

Jadi ke inget sama permen Nano-nano kayak jaman dulu itu. Palembang memang terkenal dengan jajanan yang enak, seperti empek-empek misalnya.

Resep yang ini buatan Phesi Esterju. Kamu bisa tonton videonya diResep Opor Ayam Nanas.Β πŸ“Ή

Bahan dan bumbu opor :

  1. Ayam kampung 1 ekor πŸ“
  2. Bawang merah 11 siung
  3. Bawang putih 7 siung
  4. Buah nanas secukupnya
  5. Santan kental πŸ₯₯ πŸ’§
  6. Lengkuas secukupmya
  7. Sereh 1 batang 🌱
  8. Jahe secukupnya
  9. Jinten
  10. Merica bubuk
  11. Ketumbar
  12. Daun salam 2 lembar πŸ‚
  13. Daun jeruk 2 lembar πŸƒ

Cara membuat opor ayam nanas khas Palembang :

  1. Uleg atau haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, lengkuas dan jinten
  2. Tumis bumbu halusnya, kemudian masukkan sereh, daun jeruk dan daun jeruk, lalu tumis sampai bener-bener matang atau kering.
  3. Setelah matang masukkan ayam, aduk-aduk sampai rata. πŸ—
  4. Masak ayam sampai setengah matang, aduk-aduk terus supaya bumbunya meresap.
  5. Tambahkan air sedikit, aduk lagi agar cepat matang ayamnya πŸ’¦
  6. Setelah ayam menjadi benar-benar berubah warna, sekarang tambahkan santan kental yang telah ditambahkan air sedikit agar sedikit encer. πŸ₯₯ πŸ’¦
  7. Masak agak lama, karena ayam kampung itu lumayan sedikit keras.
  8. Boleh ditambah air sedikit untuk membantu memasakan ayamnya dan meresapkan bumbunya.
  9. Setelah cukup lama dan kuahnya sudah mendidih saat kita masukkan nanas 🍍
  10. Nanas ini untuk memberikan cita rasa yang berbeda dan membantu melembutkan ayam.
  11. Masak sekitar 10 – 15 menit biar ayam lembek. βŒ›
  12. Jika sudah matang tambahkan garam 1 sendok teh, merica bubuk sedikit
  13. Icip, jika sudah pas opor siap disajikan dengan taburan brambang goreng di atasnya.
  14. Sekarang resep opor ayam nanas palembang sudah selesai.

9. Resep Opor Ayam Rice Cooker buatan Dapur Pondok

Nasiyuk.id - Cara membuat resep opor ayam rice cooker

Ternyata ada juga resep opor ayam rice cooker. Bukan hanya untuk memasak nasi, tetapi bisa untuk membuat opor.

Atau langsung tonton videonya diOPOR AYAM “RICE COOKER”Β πŸ“Ή

Bahan untuk opor :

  1. Ayam 1/2 ekor πŸ“
  2. Telur rebus 4 butir (optional) 🐣
  3. Santan kental 130 ml πŸ₯₯
  4. Sereh 4 batang yang di geprek
  5. Daun salam 6 lembar πŸ‚
  6. Daun jeruk 3 lembar πŸƒ
  7. Jeruk nipis 1 buah πŸ‹
  8. Ketumbar bubuk 1/2 sendok teh
  9. Lada bubuk 1/2 sendok teh
  10. Garam 2 sendok teh
  11. Gula 1 1/2 sendok teh
  12. Air matang 800 ml πŸ’§
  13. Bawang goreng secukupnya

Bumbu halus :

  1. Bawang putih 10 siung
  2. Bawang merah 13 siung
  3. Kemiri 2 butir
  4. Kunyit 2 cm

Cara membuat resep opor ayam rice cooker :

  • Lumuri ayam dengan jeruk nipis, aduk-aduk pakai tangan, kemudian diamakan selama 10 menit, lalu bilas
  • Haluskan bawang putih, bawang merah, kunyit dan kemiri dengan blender (saat menghaluskan beri sedikit air agar mudah tercampur) atau bisa dengan di uleg.
  • Masukan bumbu halus ke dalam rice cooker, masak bumbu pada rice cooker dalam keadaan mode “cook”.
  • Campur rata kemudian masukan sedikit minyak goreng
  • Setelah bumbu kelihatan mendidih masukkan sereh yang sudah di geprek, daun salam dan daun jeruk, kemudian aduk sampai rata, lalu tutup sampai air kesat dan keluar minyaknya.
  • Jika air telah kesat dan keluar minyaknya, masukkan ketumbar bubuk, kemudian aduk dan tutup lagi.
  • Jika mendidih, buka penutup lalu aduk-aduk, kemudian masukkan santan kental, dan campur hingga rata, kemudian tutup lagi sampai santan mendidih. πŸ₯₯
  • Jika santan sudah mendidih masukkan ayam, aduk sampai rata
  • Jangan lupa selalu rice cooker dalam keadaan mode “cook”
  • Masukkan air matang 800 ml, lalu aduk rata, kemudian tutup sampai air mendidih. πŸ’§
  • Jika sudah mendidih masukkan lada bubuk, gula dan garam, aduk lagi lalu tutup.
  • Jika telah mendidih buka dan masukkan telur rebus, aduk, kemudian tutup lagi. 🐣🐣
  • Jika masakan matang buka tutup dan rice cooker pindah ke mode “warm”
  • Sekarang resep opor ayam rice cooker sudah matang dan siap untuk di hidangkan
  • Jangan lupa taburi brambang goreng di atasnya. πŸ₯˜

10. Resep Opor Ayam Pedas dengan Kupat buatan Dapur Ayu

Nasiyuk.id - Cara membuat resep opor ayam pedas spesial, sederhana, cocok untuk lebaran

Rasa pedas dari opor ayam bisanya di dapat dari tambahan sambal. Maka kali ini bukan dari itu, tapi dari tambahan cabai yang di masukkan ke bahan. 🌢 🌢

Atau bisa langsung tonton videonya di|||DAPUR AYU||| RESEP OPOR AYAM PEDAS

Bahan opor :

  1. Beras untuk membuat ketupat
  2. Anyaman ketupat 🌴
  3. Ayam yang sudah di potong-potong sesuai selara πŸ— πŸ—
  4. Udang rebon secukupnya (untuk mengharumkan masakkannya) 🦐
  5. Ketupat 4 buah
  6. Bawang putih 5 siung
  7. Bawang merah 7 buah
  8. Cabai keriting merah secukupnya sesuai selera 🌢
  9. Cabai hijau keriting secukupnya
  10. Merica
  11. Telur puyuh secukupnya 🐣
  12. Kencur secukupnya
  13. Ketumbar
  14. Kemiri 4 buah
  15. Jinten secukupnya
  16. Sereh 2 batang
  17. Kunyit bubuk
  18. Lengkuas secukupnya
  19. Jahe secukupnya
  20. Daun jeruk 2 lembar πŸƒ
  21. Daun salam 2 lembar πŸ‚
  22. Santan menggunakan kara 200 ml πŸ₯₯
  23. Garam

Cara membuat ketupat :

  • Cuci bersih beras dalam aliran air bersih
  • Rendam beras dalam air bersih secukupnya kemudian beri garam dan campur rata
  • Kemudian buang air beras garam, dan tiriskan beras dalam wadah
  • Isi anyaman ketupat dengan beras
  • Panaskan air sampai setengah mendidih, jika sudah mendidih, masukkan ketupat yang sudah di isi beras tadi
  • Pastikan seluruh ketupat terendam semua kemudian rebus hingga 2 jam
  • Jika sudah sampai sekitar 2 jam angkat ketupat dan diamkan dalam wadah, sampai dingin

Cara membuat resep opor ayam pedas :

  • Haluskan atau uleg bawang merah, bawang putih, cabai, kencur, ketumbar, jinten, kemiri dan merica.
  • Potong-potong ayam sesuai selera, kemudian rebus sebentar hingga air mendidih, rebus ayam sampai setengah matang, jika sudah angkat.
  • Rebus telur puyuh 🐣
  • Panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu halus, sereh, lengkuas, kencur, daun salam, daun jeruk dan jahe
  • Jika bumbu halus udah harum tau matang , sekarang masukan ayamnya dan aduk hingga rata sampai bumbu meresap, kemudian masukkan bubuk kunyit, beri sedikit air lalu aduk lagi.
  • Kemudian masukkan udang rebon, aduk-aduk, kemudian masukkan air agak banyak, lalu masukkan telur puyuh, masukkan juga garam, adukΒ  kemudian tutup masakan sampai ayamnya menjadi empuk.
  • jika sudah empuk masukkan gula pasir sedikit dan cabai hijau keriting dan santan kara, aduk sedikit dan tunggu sampai matang
  • Jika telah matang, sekarang resep opor ayam pedas selesai dan siap untuk di hidangkan πŸ₯˜

11. Resep Opor Ayam Kuah Susu cocok untuk Lebaran

Nasiyuk.id - Cara membuat resep opor ayam kuah susu yang cocok di hidangkan saat Lebaran
Opor ayam kuah susu by Melly melon – Cookpad.com

Kali ini kami akan memberikan resep opor ayam yang berbeda dari biasanya. Karena menggunakan susu sebagai salah satu bahan untuk kuahnya. πŸ₯›

Baiklah kita langsung saja simak bagaimana cara membuatnya di bawah ini.

Bahan resep opor :

  1. Ayam 1/2 ekor πŸ“
  2. Bawang merah 6 siung
  3. Bawang putih 5 siung
  4. Cabe merah 2 buah 🌢
  5. Cabe rawit merah utuh 10 buah 🌢
  6. Kemiri 2 buah
  7. Kunyit 1/2 ruas
  8. Jahe 1 ruas
  9. Daun salam 2 lembar πŸ‚
  10. Ketumbar bubuk
  11. Jintan 1/4 sendok teh
  12. Lada bubuk secukupnya
  13. Garam
  14. Gula Pasir
  15. Kaldu bubuk rasa ayam secukupnya.
  16. Susu cair (ultra low fat) 500 ml πŸ₯›
  17. Air matang Secukupnya πŸ’§

Cara membuat opor ayam Kuah Susu dan mengolah bumbunya :

  • Uleg bahan untuk bumbu halusnya, yakni bawang merah, bawang putih, jinten, kunyit, cabai merah, ketumbar, kemiri, lada dan Jahe.
  • Potong-potong ayam, cuci bersih dan lumuri dengan jeruk nipis, lalu diamkan selama 20 menit, kemudian bilas. πŸ“ πŸ”ͺ ⏳
  • Kemudian rebus ayam hingga empuk kemudian buang airnya
  • Tumis bumbu halusnya, juga masukan daun salam, sampai wangi dan matang, jika telah masukkan air, aduk rata.
  • Lalu masukan ayam dan tambahakan juga garam, gula dan lada bubuk. πŸ—
  • Kemudian masak hingga air agak asat, lalu masukan cabai rawit merah utuh dan tambahkan susu cairnya (jangan semua) πŸ₯›πŸŒΆ
  • Masukan kaldu bubuk, aduk-aduk, icip rasanya
  • Masak dengan api kecil sampai keluar minyak ayamnya.
  • Lalu tambahkan susu cair lagi dan masak hingga kental
  • Jika telah matang matikan api dan opor ayam siap di hidangkan πŸ₯˜
  • Jangan lupa taburi brambang goreng di atasnya. πŸ‘

Tags: