Cara Membuat Mie Ayam Pangsit, Kuah Mie Ayam dan Minyak Mie Ayam!

Panduan cara membuat mie ayam pangsit, bahan, kuah, minyak enak, sederhana dan spesial
Gambar mie ayam / Sumber : kulinermonster.wordpress.com

Nasiyuk.id – Cara membuat mie ayam pangsit khas pedagang telah di bongkar. Berikut ini resep mie ayam yang jarang di bahas. 😡 🀩

Mie ayam adalah jajanan khas pinggir jalan murah meriah. Kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja buruh, pegawai kantoran sering menyantap masakan enak ini. πŸ‘·β€β™€οΈ πŸ‘¨β€πŸ”§ πŸ‘¨β€πŸŒΎ πŸ‘¨β€πŸŽ“ πŸ‘¨β€βœˆοΈ

Saya sendiri hingga sekarang masih suka jajan, salah satunya mie ayam ini. Sebelum menyantap biasanya menambahkan sambal supaya lebih maknyus di mulut. 🌢 πŸ’‹

Apalagi sampai keringat bercucuran di muka, ada rasa kepuasan tersendiri. Terkadang muncul rasa ingin mengetahui cara membuat mie ayam pangsit dari si penjual tersebut.πŸ”

Apa kamu terkadang begitu juga? Saat jajan dan menemukan rasa mie ayam enak. Pasti dalam hati ingin juga bisa membuat masakan bikinan si penjual tersebut.πŸ‘£

Satu-satunya cara membuat mie ayam sebaiknya di lakukan secara terus-menerus. Ini bertujuan untuk menemukan resep dengan rasa enak.

Siapa tahu nanti menjadi seorang penjual mie ayam paling laris di daerah kamu. Hanya bermodal sedikit beljar dari website Nasiyuk ini, he he he becanda ya.

Menyantap mie ayam akan semakin lezat bila di tambah dengan pelengkap lain. Tetapi ya tergantung juga dari selera tiap orang sih.

Tambahan tersebut biasanya adalah bakso, pangsit, tempe mendoan, kerupuk, sambal, saos tomat pedas, kecap manis, acar mentimun dan terkadang sedikit cuka. πŸ₯’ 🍢 🍾

Asal-usul mie ayam sebenarnya dari Cina selatan seperti kota Fujian dan Gundong. Dan dalam budaya Cina peranakan ada budaya menikmati hidup. πŸ‡¨πŸ‡³ 😎

Ada istilah “Elo kalo makan jangan tanggung-tanggung, banyak dan enak sekalian”. “Kerja habis-habisan harus di ganti makan enak dan hidup nyaman”, maka dari situlah lahir mie ayam. πŸ’‘

Baiklah di bawah ini panduan cara membuat mie ayam pangsit yang enak dan kenyal :

Cara Membuat Mie Ayam Pangsit Enak dari Pedagang [DI BONGKAR]

Kami akan menyajikan cara membuat mie ayam dari pedagang. Silahkan simak dan semoga kamu bisa menghasilkan masakan enak, silahkan mengikuti resep ini. πŸ‘€ πŸ‘Œ

Mie yang akan di buat ini menggunakan bahan-bahan yang asli, alias tanpa pengawet dan menghasilkan mi yang kenyal tidak gampang putus. πŸ’ͺ

Oce, baiklah langsug kita simak bersama resep mienya di bawah ini :

1. Cara membuat mie untuk mie ayam pangsit

Cara membuat mie di sini akan menggunakan alat pembuat mie dan anda bisa mendapatkanya di Tokopedia, Lazada, Shopee, Blibli atau di toko terdekat. 🀳

Ikuti saja paduan ini secara benar, maka kamu akan mendapatkan hasil mie basah untuk mie ayam bertekstur lentur banget tidak mudah putus. Bila nanti sudah matang akan kenyal. Mie ini juga cocok juga untuk spageti, mie goreng atau mie pelangi. 🍜 🌈

Bahan dan cara bikin mie :

  • Terigu protein tinggi 500 gr
  • Garam 1 sendok teh 🍢
  • Bawang putih bubuk 1 sendok teh
  • Telor bebek 2 butir (63 gram) 🐣 πŸ¦†
  • Kaldu bubuk ayam 1/2 sndok teh β˜•
  • Air putih 110 ml πŸ’§

Cara membuat mie :

  1. Pertama masukkan garam, bawang putih bubuk dan kaldu bubuk ayam ke dalam tepung terigu, kemudian aduk sampai tercampur semua. πŸ₯£
  2. Lalu masukkan putih telur bebek (jangan kuningnya), kemudian masukkan air sedikit demi sedikit saja, jangan banyak-banyak karena biar tidak nempel semua. πŸ¦† 🐣
  3. Masukan air sedikit demi sedikit sambil di aduk, tapi hingga air habis, aduk menggunakan sendok sampai butiran2 terigu rata.
  4. Selanjut nya uleni pakai tangan, remas-remas lah, tekan-tekan dan padatin terus sampai berbentuk bulatan, memang agak berat, tetapi ya memang begitu. πŸ™Œ
  5. Bila sudah berbentuk bulatan lalu di diamkan hingga 1 jam / 2 jam. Bungkus menggunakan plastik. ⏳
  6. Setelah 1 jam, sebenarnya adonan di sini belum benar-benar kalis, jadi musti di giling sebagian adonan karena tidak bisa sekaligus semua.
  7. Giling berkali-kali menggunakan alat pembuat mie. Ini bertujuan agar kalis. Lipat hasil gilingan lalu giling lagi ini di lakukan berulang-ulang kali.
  8. Kadang mengkaliskan menggunakan tangan saja, tetapi untuk membuat mie tidak bisa begitu dan harus menggunakan bantuan alat gilingan, karena kandungan airnya sedikit.
  9. Lakukan proses penggilingan ini sampai permukaannya menjadi licin, alus dan tidak ada belang nya. πŸ¦“
  10. Bila sudah tipis, lipat lagi dan giling lagi (buat setelan di alat nya untuk mendapatkan hasil mie yang tipis).
  11. Lakukan sampai permukaannya rata, bila sudah adonan bisa di istirahatkan selama 1/2 jam. Agar nanti lebih lunak lagi (jangan lupa di bungkus plastik). πŸ›Œ πŸ’€
  12. Proses akhir, giling lagi sampai benar-benar tipis supaya menghasilkan mie yang kenyal dan enak.
  13. Jika tipisnya sudah cukup dan di pegang lemes, kini saatnya memotong untuk menjadi mie. Silahkan pasang alat pemotong mie nya dan potonglah. βœ‚
  14. Bisanya satu genggaman tangan gede mie untuk satu porsi. ✊
  15. Mie yang ini jarang sekali di perjualkan dan bila nanti sudah jadi, di tarik tidak gampang putus. Sedangkan mie yang biasa di perjualkan kekenyalannya kurang dan agak lembek.
  16. Untuk mengetes hasil mienya, kamu bisa tarik hingga tipis dan baru putus.
  17. Mie ini untuk jualan bisa kok, semoga akan banyak peminatnya.

2. Bumbu mie ayam dan bahan

  • Bawang merah 100 gram
  • Bawang putih 50 gr
  • Kunyit 2 ruas jari
  • Jahe 2 ruas jari
  • Daun jeruk 10 lmbar πŸƒ
  • Daun salam 3 lembar πŸ‚
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Jinten 1/2 sendk teh
  • Lada putih 1/2 sndok teeh
  • Kemiri 5 butir
  • Garam 1,5 sednk teh 🍢
  • Kaldu bubuk 1 sndok teh
  • Daging ayam filet bagian dada nya saja 500 gr
  • Air putih 500 ml πŸ’§
  • Kecap manis 120 gram
  • Minyak goreng sedikit untuk menumis

Bumbu mie ayam yang di olah dan cara membuatnya :

  1. Siapkan ulegkan dan haluskan biji2 an yang keras terlebih dahulu seperti ketumbar, jinten, lada putih sampai alus. Kemudian jiika udah lus, baru masukkan bawang merah, bawang putih, kunyit (bisa juga di blender biar lebih cepat). Setelah agak ahlus selanjutnya masukan kemiri.
  2. Jika semua yang di atas udah alus sekarang tambahkan jahe, jahe di sini cukup di geprek saja atau di memarkan.
  3. Sebelum bumbu tersebut kita tumis, kita siapkan dahuluΒ  daging ayam, caranya di potong-potong secara memanjang kemudian potong lagi kotak-kotak sesuai selera (ini nanti untuk daging ayam yang biasanya di taruh di atas sajian mie ayam). πŸ”ͺ πŸ“
  4. Setelah itu kita panas minyak goreng, kemudian masukan bumbu halus tadi, masukkan juga daun salam, daun jeruk yang kita sobek-sobek dahulu agar baunya lebih kuat. Dalam menumis kita sengaja waktunya agak lama supaya aroma bener-bener harum dengan api yang kecil, dan warnanya agak kecokelatan. (waktunya sekitar 15 – 20 menit) ⏳
  5. Kemudian kita masukkan daging ayam, aduk-aduk sampai tercampur rata lalu kita masukkan kecap manis, kemudian air putih 500 ml. Jika kamu suka ceker atau kepala kamu boleh juga menambahkan ke dalamnya.
  6. Sudah mendidih ya, kini saatnya menambahkan garam dan kaldu bubuk, lalu kita masak dengan api kecil saja, sekitar 1 jam supaya bumbu ini benar-benar meresap ke dalam daging ayam. 🍢 πŸ—
  7. Dan tunggu sampai airnya mengusut walau hanya dengan api kecil saja (biasanya ini hingga 1 jam). πŸ•‘

3. Cara membuat minyak ayam pangsit untuk mie ayam

Jadi intinya minyak ayam sebenarnya berasal dari lemak ayam itu sendiri, atau nama lainnya adalah gajeh. Ini biasa banyak di temukan pada ayam potong. β˜•

Bahan :

  • Bawang merah 3 siung
  • Lemak ayam (gajih) 200 gram πŸ“
  • Jahe 2 ruas jari ✌
  • Sedikit minyak goreng untuk menumis

Cara membuat minyak mie ayam pangsit :

  1. Iris-iris bawang merah (ini nanti untuk aroma minyak ayamnya) πŸ”ͺ
  2. Panaskan sedikit minyak goreng lalu tumis bawang merah sebentar, hanya terlihat layu dan harum saja. ♨
  3. Bila bawang sudah layu saatnya masukan lemak ayam dan jahe, lalu tumis hingga lemak ayam mencair dan menyusut.
  4. Bila bawang merah, lemak ayam sudah kering dan cokelat, angkat lalu pisahkan minyaknya (minyak ini lah yang akan kita gunakan)
  5. Selesai, mudahkan, selamat mencoba. 🀝

Pelajari juga cara membuat :

4. Cara membuat kuah mie ayam ini saat nya

Dalam pembuatan kuah mie ayam ini masih juga kita menggunakan bawang merah, bawang putih, garam, jahe dan sebagainya. β˜• πŸ“

Bumbu kuah mie ayam dan bahan meliputi :

  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 5 siung
  • Jahe 4 ruas jari yang di geprek
  • Kaldu bubuk 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh 🍢
  • Tulang kerongkongan ayam (balungan) 2 krongkongan
  • Air 1.5 liter πŸ’§

Berikut cara membuat kuah mie ayam nya :

  1. Pertama-tama iris-ris bawang putih dan bawang merah dengan ukuran agak besar-besar. πŸ”ͺ
  2. Greng ke duanya seperti kalau menggoreng bawang merah untuk taburan di atas suatu hidangan. Dapatkan warna hingga keemasan lalu angkat dan tiriskan.
  3. Selanjutnya siapkan panci berisi air 1.5 liter di atas kompor dan masukkan sekalian juga tulang krongkongan ayamnya, jahe geprek dan rebus sampai mendidih. Nanti muncul buih yang kental, maka sebaiknya di buang saja karena itu bisa menjadi amis. πŸ‘ƒ
  4. Sudah mendidih? sekarang kita tambahkan garam, kaldu bubuk kemudian aduk agar merata. Bila sudah tercium aroma kuah kaldu ayamnya, sekarang kita masukkan hasil gorengan bawang tadi, kemudian aduk-aduk.
  5. Β Sampai di sini belum selesai, simak lagi kelanjutannya di bawah ini. πŸ‘‡

5. Cara membuat pangsit goreng tanpa isi (kulit pangsit)

Makan mie ayam tanpa kerupuk pangsit memang kurang lengkap. Sehingga sekalian saja di sini kita akan membuatnya bersama-sama. πŸ‘¨β€πŸ³ πŸ‘©β€πŸ³

Contoh cara membuat pangsit gorang yang ini menggunakan takaran seperti kalau mau di jual, jadi menggunakan 1 kg tepung tapioka.

Bumbu pangsit dan bahan :

  • Tepung terigu (gandum) 1 kg
  • Tepung tapioka secukupnya (untuk taburan agar nanti saat penipisan adonan tidak lengket)
  • Garam 2 sendok teh πŸ₯„πŸ₯„
  • Botol bekas sirup marjan yang di isi air (ini sebagai alat untuk penggilasan) 🍾
  • Air putih dingin biasa 2 gelas πŸ’§ ✌
  • Bawang putih 3 siung
  • Fermipan (ragi kering) 1,5 sendok teh
Catatan :

Perbandingannya => 1 kg tepung gandum : 3 siung bawang putih : garam 2 sendok teh : fermipan 1,5 sendok teh : air putih 2 gelas. βš–

Cara membuat kulit pangsit dan adonannya :

  1. Pertama-tama halusken Bwang putih dan garam (perbandingan garam 2 sendok teh + 3 bawang putih untuk 1 kg tepung terigu atau gandum.
  2. Kedua, kita masukkan Fermipan ke dalam tepung gandum, kemudian aduk hingga rata. Lalu masukan campuran garam dan bwang putih. Aduk hingga rata, terus masukkan air dingin biasa secukupnya, kemudiian uleni dengan tangan kosong hingga kalis. πŸ™Œ
  3. Buat sampai membentuk menjadi satu adonan seperti berbentuk bola. Terus bagi menjadi 2 bagian adonann. ⚽
  4. Siapkan landasan untuk menggepengkan adonan dan taburi tepung tapioka secukupnya agar adonan nanti tidak saling lengket.
  5. Taruh adonan di atas papan dan tekan-tekan hingga gepeng lalu taburi atasnya dengan tepung tapioka. Kemudian lipat bagian tengah berbentuk setengah lingkaran dan gepengkan dengan botol hingga lebar. 🍾
  6. Lalu buka lipatan adonan dan gilas lagi dengan botol.Β  Jika sudah lebar, taburi dengan tepung tapioka, tetapi jangan banyak-banyak.
  7. Sampai di sini lalu kita gulung menjadi bentuk bulat kayak lontong. Kemudian olesi lagi dengan tepung tapioka. Dan tekan lagi dengan botol hingga semakin tipis.
  8. Buka gulungan yang menjadi gepeng ini, bentangkan lebar kemudian tekan-tekan lagi untuk menghilangkan bekas lipatan.
  9. Jika sudah taburi lagi dengan tepung tapioka. Lalu gulung lagi (ini gulungan terakhir) sambil olesi dengan tepung tapioka sedikit saja. Kemudian tekan lagi dengan botol (ini tekanan terakhir) hingga gepeng.
  10. Sekarang kondisi adonan gepeng dan memanjang, selanjutnya potong kotak2 dengan pisau (besarnya sesuai selera). πŸ”ͺ ⬜ ⬜
  11. Setelah semua terpotong, sekarang pudarkan satu demi satu hasil potongan tersebut menjadi memanjang tipis dan olesi bagian atasnya dengan tepung tapioka. Pudarkan lagi hasil irisan yang lain dan tupuk di atasnya, lalu olesi dengan tepung tapioka, dan pudarkan lagi yang lain lalu tupuk lagi di atasnya. Begitu seterusnya sampai habis semua hasil potongannya.
  12. Setelah semua menjadi bertumpuk-tumpuk, sekarang potong lagi bentuk kotak-kotak. Selanjutnya boleh juga bentuk kotak tadi di potong menjadi 2 bagian sehingga berbentuk segitiga. πŸ”Ί
  13. Selesai, sekarang siap untuk di goreng, nanti saat memasukkan potongan ini jangan di pudarkan, langsung saja masukan ke dalam minyak goreng panas, karena akan pudar dengan sendirinya.
  14. Goreng hingga warna berubah menjadi kecokelatan / keemasan, selamat mencoba. πŸŽ‰

Cara membuat mie ayam pangsit selanjutnya adalah mencampur bahan yang sudah siap

Selanjutnya ini adalah pencampuran bahan-bahan, seperti saus tomat yang enak, daging ayam buat taburan di atas mie ayam, sawi, minyak ayam, mie kenyal, kecap asin, bakso (optional), garam, lada bubuk, kaldu bubuk, sambal, irisan daun bawang dan kuah kaldu yang tadi sudah kita buat. πŸ₯—

Pencampuran cara membuat mie ayam pangsit :

  1. Siapkan mangkuk, terus masukan 2 sendok minyak ayam, sedikit garam, sedikit kaldu bubuk, sedikit lada bubuk, kecap asin 1 sendok teh kemudian aduk-aduk rata supaya mencair.
  2. Lalu masak mie ke dalam air yang mendidih dan langsung di tutup. Dan jangan kelamaan, hanya beberapa detik saja agar enak. Intinya sampai mie nya terlihat mengapung, jika sudah angkat dam masukkan ke dalam mangkuk. Hasil mie yang bagus tidak lembek dan tidak mblobor. πŸ’¬
  3. Kemudian masukkan bakso dan daun sawi ke dalam air yang mendidih lalu kita tutup. Sambil menunggu sawi matang kita aduk-aduk mie yang sudah di masukkan ke dalam mangkok supaya mencampur dengan bumbu. Setelah tercampur tambahkan 2 sendok ayam dan 2 sendok kuah dari ayam tersebut.
  4. Lalu masukkan kuah kaldu dari tulang ayamnya. Kemudian angkat sawi dan bakso yang sudah mengapung (tanda sudah matang) tadi kita rebus dan masukkan ke dalam mangkok.
  5. kemudian taburkan daun bawang di atasnya juga, saus tomat, sambal (jika suka sambal), kulit pangsit, dan taburkan juga bawang goreng.
  6. Sekarang sudah jadi pencampuran cara membuat mie ayam pangsit dan siap untuk di coba. 🍜 😍 πŸ‘

Tags: